Selasa, 31 Maret 2015

Keindahan Desain Masjid Istiqlal, Jakarta



Masjid Istiqlal
Jl. Taman Wijaya Kusuma, DKI Jakarta 10710
(021) 3483037
 
     
Hari Rabu, 18 Maret 2015 saya mengunjungi Masjid Istiqlal yang berlokasi di Taman Wijaya Kusuma , Jakarta Pusat. Transportasinya cukup mudah. Dengan menggunakan Transjakarta jurusan PGC-Harmoni, saya turun di Halte Juanda tepat di depan masjid Istiqlal. Tidak perlu transit jika dari Halte PGC. Saya masuk melalui gerbang sisi Tenggara-Selatan. Pintu gerbang ini berhadapan langsung dengan Halte Juanda. Selain pintu masuk tersebut, ada beberapa pintu masuk lain yaitu pintu masuk sebelah Utara yang berhadapan langsung dengan pintu As-Salam yang merupakan pintu khusus tamu VIP. Selain itu ada juga pintu yang berhadapan langsung dengan Gereja Katedral.Setelah masuk ke dalam masjid, saya sempat bingung untuk memulai dari mana, karena saat saya kesana masjid dalam kondisi sepi, bahkan untuk menitipkan sendal saja saya harus menunggu lama sampai ada yang sadar saya mau menitipkan sendal. Untungnya, saya bertemu bapak satpam yang bersedia menjelaskan lokasi-lokasi bagus untuk berfoto. Dengan modal kamera DSLR Sony A550 dan tanpa pengetahuan fotografi yang cukup, saya mulai berfoto ria di dalam masjid. Kebetulan saat itu saya sedang halangan, jadi tidak bisa shalat hanya bisa foto-foto saja. Saya cukup terkesan dengan arsitektur Masjid Istiqlal yang begitu megah. Menurut bapak satpam yang saya temui disana, arsitektur Masjid Istiqlal merupakan umat Non-Muslim. Wah, sungguh menggambarkan kerukunan umat beragama saat itu



Lorong Masjid Istiqlal

Gambar di atas merupakan salah satu lorong di Masjid Istiqlal. Lorong tersebut juga bisa digunakan untuk shalat. Namun jika sedang sepi seperti saat itu, banyak pengunjung yang menggunakan lorong tersebut untuk tidur-tiduran. Memang udara di lorong tersebut sangat sejuk bisa menimbulkan rasa kantuk. Namun tetap saja seharusnya tidak dipergunakan untuk tidur-tiduran seperti itu ya.


Kubah Masjid Istiqlal

Nah, yang ini adalah kubah Masjid istiqlal kalau dilihat dari dalam. sayang sekali gak bisa foto dari bawah persis karena saat itu sedang ada yang beribadah. Jadi sungkan kalau foto-foto di tengah orang yang sedang beribadah. 

Sejauh ini saya sangat terkesan dengan arsitektur di Masjid Istqlal, Jakarta. Suatu hari, saya harus kesana lagi untuk beribadah. Aamiin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar